BELAJAR DARI SEMUT

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
4.                  Semut saat mereka bertemu semut lainnya dari berlawanan arah, mereka akan saling menyapa dan bertukar kabar. Inilah salah satu yang membuat koloni semut menjadi kompak dan kuat.
Ini  mengingatkan akan sebuah riwayat;
Bahwa sebelum memimpin shalat berjamaah, Rasulullah melihat kebelakang dan bersabda, “Ratakanlah barisan alasannya menyempurnakan barisan (saf) sembahyang itu termasuk dari kesempurnaan sembahyang “
Apa hubungan?
Karena di lain riwayat juga dikatakan, bahwa berselisih dalam saf juga mampu membuat hati berselisih.
“Adanya Rasulullah saw memasuki sela-sela barisan (saf) sambil mengusap dada dan pundak kami, dan berkata, “jangan berselisih, supaya tidak berselisih hati kamu.

Beliau juga bersabda, “Sesungguhnya Tuhan merahmati, dan malaikat mendoakan yang di baris (saf) pertama.” (Abu Dawud)
Perilaku Rasulullah saw ini, sebagian para ulama juga menafsirkan “Rasulullah saw menoleh kebelakang, selain menyempurnakan barisan saf juga dia ingin tau keadaan para sahabatnya. Di jaman Rasulullah semua para sahabat shalat berjamaah di masjid (kecuali orang yang terang kemunafikannya), sehingga saat ada sobat yang tidak hadir, maka Rasulullah segera mencari tau keberadaannya. Andai sahabatnya sakit, maka dia segera mengunjungi dan menghiburnya.
Saling menyapa dan bertukar salam merupakan amalan sangat di anjurkan dalam Islam,

“As-salam ialah salah satu nama-nama Allah, yang Tuhan turunkan keatas permukaan bumi, oleh alasannya itu sebarkanlah salam sebanyak-banyaknya di antaramu. Ketika seseorang memberi salam kepada yang lain, derajatnya ditinggikan di hadapan Allah. Jika jamaah suatu mejlis tidak menjawab ucapan salamnya, makhluk yang lebih dari mereka (yakni para malaikat) yang menjawab ucapan salam.” (Thabrani)

Semoga Tuhan karuniakan kepada kita, punya risau, rasa sayang  kepada saudara kita. Dan agar juga para lelaki muslim Indonesia gemar melakukan shalat berjamaah di masjid. Karena berjamaah (kebersamaan) ialah tonggak kekuatan Islam dan negara .





*gambar dari adthiya.org
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "BELAJAR DARI SEMUT"

Post a Comment