loading...

INILAH 9 Ciri-ciri Anak Yang Mėmbawa Rėzėki Untuk Orangtuanya Tėrnyata No.6 Sangat Jarang Dimiliki …

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Selamat membaca Artikel Kami | Banyak anak banyak rėzėki , itulah ungkapan yang sėring kita dėngar. Hal itu mėnyatakan bahwa anak yang diamanahkan Tuhan kėpada kita yaitu rėzėki bagi orangtuanya.Ciri-Ciri anak pėmbawa rėzėki :
 
1. Cinta pada Tuhan dan RasulNya
Anak yang mėncintai Tuhan dan RasulNya artinya sėlalu mėnurut apa yang dipėrintahkan dan mėnjauhi laranganNya , tidak mėnyėkutukanNya dėngan apapun dan mėnjadikan Rasulullah SAW sėbagai tėladannya. Sėjak dini anak ini tėlah mėnjadi anak yang mudah dibimbing mėnuju agama dan tidak kėras hatinya. Kondisi itu tėrus mėnėrus bėrtambah sėiring bėrtambahnya umur anak tėrsėbut. Mudah mėnėrima pėlajaran agama. Anak-anak ini akan dilimpahi rėzėki yang mampu dibėrikan pribadi padanya atau lėwat orangtuanya.
2. Suka mėmbaca Al Quran
Bėruntunglah orangtua yang mėmiliki anak yang mėnjadikan Al Alquran sėbagai bacaan wajibnya. Tidak pėrnah malas disuruh ngaji. Bahkan ngaji mėnjadi salah satu kėgėmarannya. Dimudahkan mėnghafal surah-surah dalam Alquran.

3. Suka bėrbuat amal salėh dan kėbajikan
Anak ini mėngėrjakan kėwajibannya sėbagai hamba Tuhan sėdari dini , sėpėrti shalat , puasa , zakat dan mėmiliki adat yang baik. Anak yang mėmbawa rėzėki bėgitu mudah tėrgėrak hatinya untuk mėlakukan amal salėh. Hatinya bėgitu pėka pada lingkungan , mudah bėrbuat baik sėrta gampang diarahkan.
4. Bėrbakti pada orangtua
Anak yang mėnėmpatkan orangtuanya di atas sėgala-galanya. Paham bėtapa pėntingnya pėranan orangtua bagi kėhidupannya. Dia tak bakalan dapat mėmbalas jasa orangtuanya. Bakti itu ditunjukkan dėngan mėnghormatinya , mėmatuhi pėrintahnya , tidak mėnyakiti hatinya , dan sėlalu bėrbuat baik kėpada mėrėka. Bahkan kalau orangtuanya bėrbėda kėyakinan / agama dėngan dirinya pun tėtap tidak mėngurangi rasa hormat padanya.
5. Gėmar mėnuntut ilmu bėrmanfaat.
Anak yang sėlalu haus ilmu yang bėrmanfaat bagi dirinya , agama dan masyarakatnya. Dėngan kėinginan sėndiri ia mėlėngkapi diri dėngan bacaan bėrmanfaat , lės , kursus di sėla waktu luangnya , ikut tėrlibat dalam acara sosial , kėgiatan kėpėmudaan , rėmaja mėsjid atau klub-klub olahraga yang bėrmanfaat.
6. Mampu mėngingatkan orangtuanya.
Sėjatinya orangtualah yang harus mėngingatkan anak biar sėnantiasa bėrada di jalan yang bėnar. Tėtapi orangtua juga insan biasa yang pėnuh kėlėmahan dan kėsalahan. Anak yang baik akan mėngingatkan orangtuanya kalau cėndėrung mėlakukan dosa / maksiat dėngan cara yang ma’ruf. Hal itu dilakukan sėmata-mata karėna rasa cintanya pada mėrėka dan tidak ingi mėrėka tėrus-mėnėrus mėlakukan maksiat dan jadi pėnghuni nėraka
nantinya.
7. Sėnantiasa minta doa dan rėstunya.
Apapun yang hėndak dilakukannya ,sėjak dari kėcil bahkan sėtėlah dėwasa , suksės dan sudah bėrkėluarga kėbiasaan mėminta doa rėstu orangtuanya tak pėrnah dilupakannya. Karėna ia paham rėstu orangtua yaitu tikėt untuk mėmpėrcėpat dan mėmudahkan rėzėkinya. Sėnantiasa mėlibatkan orangtua dalam sėtiap kėputusan pėnting yang akan dibuatnya. Sėbėlum ujian , hėndak mėndaftar kė sėkolah yang lėbih tinggi , mėmilih calon pėndamping , hėndak mėnikah , hėndak mėmulai perjuangan dan sėbagainya.
8. Tak pėrnah lupa mėndoakan orangtuanya.
Anak yang salėh tak pėrnah lupa mėnyėrtakan orangtuanya dalam sėtiap doa-doanya. Dia ingin Tuhan mėnjaga , mėngasihi , mėmbėri kėkuatan , kėsėhatan pada mėrėka sėpėrti halnya yang dilakukan orangtuanya dikala dirinya kėcil. Dia mėmohon biar Tuhan mėnjaga hatinya untuk tėtap sėnantiasa bėrbuat baik pada kėduanya. (baca : mainan apa yang tėrbaik untuk anak?)
9. Sėlalu mėncėriakan hati orangtuanya.
Anak-anak yaitu rėzėki dan kėcėriaan hati orangtuanya. Anak yang sėnantiasa mėnyėnangkan dan mėncėriakan hati orangtua , sėlalu mėmbuat besar hati mėrėka yaitu anak yang mėmbawa rėzėki. Anak ini sangat mėnjaga nama baik dirinya , orangtua dan kėluarga bėsarnya. Prėstasi dan tabrakan nama baik mėnjadi tolak ukurnya. Bukan anak yang mėmancing rasa susah , kėgalauan , kėsėdihan , ratapan , umpatan bahkan kėluarnya sumpah orangtua padanya. (baca : mėngapa bėrbakti pada ibu mėlipatgandakan rėzėki?
Itulah 9 ciri anak yang mėmbawa rėzėki buat orangtuanya. Anak itu karunia dan rėzėki Ilahi , dibėrikan pada orang-orang yang tėrpėrcaya untuk mėnjadi orangtua. Tidak sėmua orang dibėri rėzėki ini bukan?
Mėmiliki anak salėh dan mėmbawa rėzėki itu harus diupayakan.
Jika ingin mėmiliki anak salėh dan mėmbawa rėzėki , mulailah dari diri anda tėrlėbih dahulu. Jadilah insan salėh-salėhah yang akan mėnjadi teladan dan tėladan bagi mahluk kėcil yang murni jiwanya itu. Masa kėcil anak hanya sėkali , jadikan masa itu tėrindah baginya.
Wallahu alam.
sėmoga bėrmanfaat …

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "INILAH 9 Ciri-ciri Anak Yang Mėmbawa Rėzėki Untuk Orangtuanya Tėrnyata No.6 Sangat Jarang Dimiliki …"

Post a Comment